Tingkatkan Kualitas Inkubator, BDV Hadiri Undangan Kurasi Pemeringkatan Inkubator Bersama KEMENKOP UKM

Purwokerto, Jawa Tengah – Banyumas Digital Valley (BDV) turut serta dalam kegiatan “Kurasi Pemeringkatan Lembaga Inkubator” yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI). Acara ini berlangsung di Quest Hotel San Denpasar, Bali, mulai dari tanggal 29 hingga 31 Agustus 2024, yang diikuti oleh 35 lembaga inkubator dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Proses kurasi dan pemeringkatan ini dilakukan berdasarkan dasar hukum PP No 7 tahun 2021 serta Permenkop No 4 tahun 2023. Tujuan utama dari acara ini adalah, mengkaji serta meningkatkan kualitas lembaga inkubator di Indonesia, sehingga mampu menciptakan tenant startup yang siap ikut andil dan memiliki kompetensi di bidangnya. “Proses ini merupakan upaya untuk memastikan kualitas lembaga inkubator yang ada agar semakin baik,” ujar Christina Agustin, A.Pi., MM, Asisten Deputi Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Kemenkop UKM RI.

BDV, sebagai salah satu peserta dalam kegiatan ini, menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan inkubasi bisnisnya. Dengan berpartisipasi dalam pemeringkatan ini, BDV berupaya menjaga kepercayaan pelanggan dan prestise lembaga, sebagai salah satu penyedia jasa inkubator terkemuka dan terpercaya, yang ikut andil dalam pengembangan start-up dan UMKM di wilayah Banyumas dan sekitarnya.

Proses penilaian dalam kurasi ini dilakukan langsung oleh dewan juri yang berpengalaman di bidang inkubasi bisnis UMKM dan startup, seperti Halim Nababan, Wisono, dan Didi Diarsyah. Hasil dari pemeringkatan ini akan mengkategorikan lembaga inkubator ke dalam predikat A, B, C, atau belum dapat dilakukan pemeringkatan. Pengumuman hasil kurasi pemeringkatan ini dijadwalkan keluar pada bulan Oktober 2024.

Partisipasi BDV dalam acara ini mencerminkan dedikasinya dalam mendukung pertumbuhan ekosistem startup dan UMKM di Indonesia. Dengan jaringan dan sumber daya yang dimiliki, BDV berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pengembangan bisnis lokal dan nasional, bekerja sama dengan pemerintah, akademisi, swasta, dan komunitas untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan startup.

“Harapan dari keikutsertaan BDV dalam kegiatan ini, menjadi inkubator yang kredibel dan terakreditasi. Selain itu, BDV bisa menjadi wadah bagi tenant, khususnya bagi civitas IT Telkom Purwokerto dan umumnya untuk masyarakat Banyumas secara luas. Semoga melalui pemeringkatan ini, BDV menjadi bagian dari inkubator yang unggul dan berdaya saing dalam peningkatan ekonomi di Indonesia,” harap Sudianto, S.Pd., M.Kom., Direktur Banyumas Digital Valley.

Dengan keikutsertaan BDV dalam prosesi kurasi pemeringkatan ini, BDV berharap dapat memperoleh predikat unggul, yang akan semakin memperkuat ekosistem lini bisnis UMKM dan startup di Indonesia, sekaligus sebagai pusat inkubasi bisnis terbaik dan prestisius di Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *