Sentra Inovasi ITTP Gelar Program Inkubasi Kewirausahaan Tahun 2024, Siap Cetak Generasi Wirausahawan Muda

Purwokerto, 21 Maret 2024 – Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) kembali mengadakan Program Inkubasi Kewirausahaan Tahun 2024. Program Inkubasi Kewirausahaan ini dikhususkan untuk mahasiswa ITTP (Minimal semester 3) dengan harapan untuk mencetak generasi wirausahawan muda yang inovatif, kreatif, dan mampu bersaing di era digital. Program ini digagas unit Sentra Inovasi ITTP untuk memfasilitasi para mahasiswa, selaku calon wirausahawan muda dalam mengembangkan ide bisnis mereka menjadi usaha yang dapat mendongkrak eksistensi ekonomi kreatif UMKM dan dapat berjalan dengan sustainable.

Program Inkubasi Kewirausahaan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan kawula muda IT Telkom Purwokerto dalam berwirausaha. Pada anggaran tahun 2024, program ini menargetkan 15 peserta dari berbagai bidang usaha, dengan kriteria utama yaitu memiliki ide bisnis yang inovatif dan potensial, serta memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk menjadi entrepreneur muda.

Para peserta yang lolos pada program inkubasi ini akan mendapatkan berbagai pembekalan dan pendampingan, di antaranya:

  • Mentoring dan monitoring langsung dari Sentra Inovasi ITTP
  • Akses ke jaringan dan komunitas wirausahawan
  • Fasilitas dan infrastruktur untuk pengembangan usaha
  • Pendanaan dan modal usaha
  • Magang eksternal sesuai dengan kategori bisnis peserta
  • Berkesempatan mendapat pendanaan eksternal lewat pameran diseminasi Sentra Inovasi ITTP

Program ini diharapkan dapat membantu para peserta dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbisnis, membangun jaringan dan koneksi, serta mendapatkan akses ke berbagai sumber daya yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha mereka.

Kepala Bagian Sentra Inovasi IT Telkom Purwokerto, Nia Annisa Ferani Tanjung, S.si., M.Sc.,  optimis bahwa program ini mampu melahirkan mahasiswa IT Telkom Purwokerto yang berjiwa entrepreneur unggul berpengalaman dan mampu berkontribusi pada perekonomian bangsa. Beliau berharap program ini dapat menjadi wadah bagi para peserta untuk mewujudkan ide-ide kreatif mereka menjadi usaha yang nyata, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, Nia menyisipkan pesan kepada muda-mudi Indonesia untuk berani mencoba menjadi entrepreneur sukses, “Jangan takut untuk memulai sesuatu, khususnya dalam dunia berwirausaha. Persiapkan inovasi dan bangun ide-ide yang berani. Buang pikiran takut gagal, mendapat kerugian, menghayal mendapat keuntungan semata. Jadikan semua pahit, getir dan manis kesuksesan sebagai pengalaman berwirausaha untuk kedepannya. Just take action!

Program Inkubasi Kewirausahaan ITTP ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa ITTP dan terbuka untuk semua kategori bidang usaha, termasuk teknologi, kreatif, hingga kuliner. Program ini juga menyediakan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti inkubator bisnis, investor, hingga industri. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *